Berita

Penyiapan Surveyor Andal, Ikatan Surveyor Indonesia Dorong Penerbitan Peraturan Standar Kompetensi

Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) mendorong Badan Informasi Geospasial untuk menerbitkan Peraturan Badan Informasi Geospasial tentang Tenaga Profesional Bidang Informasi Geospasial. Peraturan ini merupakan payung hukum standar kompetensi profesi surveyor di Indonesia. Cakupan peraturan meliputi standarisasi layanan praktik surveyor, pengguna jasa dan skema standarisasi pemanfaatan informasi geospasial yang dihasilkan dari layanan praktik surveyor.

Saat ditemui di Jakarta, Kamis (19/12/2019), Virgo Eresta Jaya, Ketua Umum Ikatan Surveyor Indonesia (ISI), mengungkapkan peraturan mengenai standarisasi kompetensi surveyor sangat penting untuk segera diterbitkan. Virgo mengatakan permintaan akan tenaga surveyor andal menjadi alasan utama. “Kami mendorong BIG untuk segera merilis Peraturan Badan Informasi Geospasial tentang Tenaga Profesional Bidang Informasi Geospasial, ini mendesak karena ada kebutuhan akan surveyor profesional, ” ujar Virgo, di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

WhatsApp Image 2019-12-23 at 9.39.52 PM(Ir. Virgo Eresta Jaya M.Eng. Sc, Ketua Umum ISI)

Pertemuan antara ISI dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) telah dilakukan beberapa waktu lalu, Senin (11/11/2019). Pertemuan ini untuk membahas finalisasi Peraturan BIG sebagai payung hukum dukungan perkembangan bidang informasi geospasial. Selain itu, audiensi pun membahas mengenai urgensi payung hukum bagi profesi surveyor, dan perlunya peningkatan informasi geospasial oleh industri survei pemetaan di Indonesia. “Surveyor andal memerlukan standarisasi kompetensi, disinilah peraturan terkait profesi surveyor diperlukan, agar menjadi payung hukum kemajuan hulu hingga hilir spasial bidang informasi geospasial,” ujar Virgo.

Ikatan Surveyor Indonesia atau ISI merupakan organisasi profesi satu-satunya di Indonesia yang menaungi kompetensi dari para surveyor. Asosiasi profesi ini mempersiapkan standarisasi dari para surveyor, sebagai tenaga profesional di bidang informasi geospasial. Keberadaaan asosiasi untuk menciptakan tenaga surveyor andal dengan penyelenggaraan program pendidikan profesi, dan pengaturan masa magang bagi para surveyor.

Jakarta, 19 Desember 2019
Ikatan Surveyor Indonesia (ISI)
Wisma Angsana Unit U
Jalan Rawajati Timur  No 1,  Pejaten Timur, Jakarta
www.isi.or.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *