Pengumuman

FIT ISI 2019 & ASEAN FLAG 72nd Council Meeting

Theme : Spatial Enablement For A Better Indonesia

Capture

Proudly Presents :

Sekilas Tentang Indonesia

Dalam perkembangannya, Indonesia termasuk salah satu negara yang secara signifikan berkembang dibidang teknologi, industri, dan ekonomi. Transisi ini memberikan tekanan yang cukup besar untuk tetap di jalur yang tepat dan membutuhkan solusi yang pintar untuk menyelesaikan masalah. Beberapa tahun belakangan, Indonesia mengalami banyak gempa bumi dan itu mempengaruhi banyak aspek kehidupan, tantangan apa yang harus dihadapi? Pelajaran apa yang bisa didapat? Dan yang terpenting bagaimana kita memonitor ini? Pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan mempengaruhi cara kita hidup dan merencanakan kota. Dan tentunya ekonomi juga terpengaruh oleh pertumbuhan penduduk, dapatkah kita membuatnya jadi keuntungan atau malah bencana?

The Smart City adalah kunci penting untuk menyelesaikan masalah. Ini adalah konsep yang didasarkan pada perkembangan yang berkelanjutan dengan menggunakan teknologi terbaru dan beberapa sumber informasi untuk mengoptimalkan sumber daya.

Spatial Enablement

Jika kita melihat jauh pada informasi di sekitar kita, kita dapat melihat insight dan titik-titik yang menunggu untuk kita hubungkan. Kita percaya dengan menggabungkan

satu data dengan data lainnya kita dapat mencapai solusi untuk banyak masalah. Spatial Enabling adalah solusi yang kita tawarkan untuk membuat negara ini lebih baik. Kita dapat melihat bahwa data spasial dapat memberikan banyak solusi, Google Map adalah contoh yang ideal. Kita dapat memprediksi berapa waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke kantor atau sesimpel informasi restoran terbaik terdekat. Entah anda sadar atau tidak, kita semua bergantung pada data spasial hamper setiap hari. Di masa depan, tentu saja kita dapat menggunakannya untuk tujuan yang lebih besar.

Ikatan Surveyor Indonesia (ISI)

Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) sebagai satu-satunya organisasi keprofesian surveyor di Indonesia yang tergabung dalam Federasi Surveyor Internasional (FIG),  bertugas untuk memastikan surveyor di Indonesia menjalankan profesinya dengan bertanggung jawab. ISI secara rutin menyelenggarakan Forum Ilmiah Tahunan (FIT) dalam bentuk sebuah forum diskusi yang berhubungan dengan profesi surveyor.

Dalam Forum Ilmiah Tahunan 2019, ISI mengusung tema “Spatial Enablement for a Better Indonesia”. Dengan tema tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia terutama para pemangku kepentingan dapat menyadari urgensi keberadaan informasi geospasial dalam perkembangan Indonesia, hal tersebut tentu tidak dapat dipisahkan dari peran para surveyor yang kompeten.

The Event

Forum Ilmiah Tahunan 2019 akan diadakan pada tanggal 28 November 2019 di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta dengan tema “Spatial Enabling for a Better Indonesia”. Acara ini merupakan rangkaian dari ASEANFLAG Council Meeting yang ke-72 dengan lima acara utama:

Seminar Nasional

Key Speaker :

Menteri ATR/BPN periode 2019-2024

Invited Speakers:

  1. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D, (Gubernur DKI Jakarta)
  2. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc. Eng (Kepala Badan Informasi Geospasial
  3. Anthony Tan (CEO Grab)

nasional

Call For Paper

Acara ini diadakan pada tanggal 28 November 2019 di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta paralel dengan seminar nasional, pameran, call for working group, dan Young Surveyor Class. Beberapa paper yang terpilih akan mempresentasikan topik berikut:

  1. Land register and management
  2. Lidar and photogrammetry mapping technology
  3. Smart city : future survey and mapping
  4. Geospatial information for agricultural and energy
  5. Survey and mapping in hydrography, oil and gas, and mining
  6. Environmental planning solution for disaster resilience of Indonesia
  7. Importance of profession certification and ethical in surveying

Masing-masing paper akan dipublikasikan pada prosiding FIT ISI 2019 yang terdaftar dalam ISBN.

call for paper (2)

Call for Working Group

Acara ini terdiri dari presentasi dan diskusi mengenai proyek survey dan pemetaan di Indonesia yang akan dipimpin oleh perwakilan dari perusahaan yang bergerak di bidang yang bersangkutan.

  1. Surveyor in Underground Mining
  2. Surveyor in Inpection Under Water
  3. Surveyor in Building Information Model (BIM)
  4. Surveyor in Asset Management
  5. Surveyor in Video and Mapping
  6. Surveyor in Lidar Mapping
  7. Surveyor in Mine Landslide Monitoring
  8. Surveying in ASEAN
  9. Young Surveyor Class

Merupakan diskusi kelompok dan berbagi pengalaman antar anggota Young Surveyor di Indonesia. Young surveyor terdiri dari surveyor berusia di bawah 35 tahun.

ASEANFLAG 72nd Council Meeting

Diadakan pada tanggal 30 November 2019 di Hotel JS Luwansa. Delegasi dari anggota ASEANFLAG akan mewakili negaranya untuk melakukan diskusi pada Council Meeting yang ke-72.

Participant of the Event

Target peserta acara ini adalah siapa pun yang ingin memberikan kontribusi berkaitan dengan data spasial untuk kemajuan Indonesia. Tiap komunitas Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung dan berbagi pengalaman, baik dari kalangan pelajar, dosen, insinyur, arsitek, dokter, ahli IT, bahkan penggemar robotika, sangat dinanti kontribusinya.

Berikut adalah jumlah target peserta yang kami ajukan:

  1. Seminar Nasional             : 400 orang
  2. Call for Paper : 100 pemakalah
  3. Call for Working Group : 70 perusahaan
  4. Young Surveyor Class : 100 orang
  5. ASEANFLAG 72nd Council Meeting : 100 orang

Peserta FIT ISI akan mendapatkan fasilitas berupa seminar kit, coffee break  dan lunch.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *