BeritaPengumuman

ISI akan selenggarakan Forum Ilmiah Tahunan 2018 di Padang

Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) berkolaborasi dengan Institut Teknologi Padang (ITP) akan menyelenggarakan Forum Ilmiah Tahunan-Ikatan Surveyor Indonesia (FIT-ISI) 2018 pada tanggal 6-8 November 2018 di Grand Inna Muara Hotel, Kota Padang. ISI Komisariat Wilayah Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan akbar profesi surveyor ini. FIT ISI tahun ini merupakan suatu rangkaian kegiatan, diantaranya Seminar Nasional, Sertifikasi Kompetensi, Call for Paper, dan Reuni Nasional Surveyor.

Hari Pertama akan diisi dengan kegiatan sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Survey Pemetaan (LSP ISI), targetnya 100 orang peserta terlibat dalam kegiatan ini. Skema yang dibuka pada sertifikasi ini adalah Survey Terestris dari Level Operator hingga ahli.

Hari Kedua merupakan puncak dari acara, yaitu seminar nasional. Tema yang diangkat dalam seminar adalah “Informasi Geospasial sebagai Pendukung Kebijakan Menuju Pembangunan Berkelanjutan”. Tema ini diusung karena mengingat bahwa pada dasarnya peran surveyor sebagai penyedia informasi geospasial memiliki peran yang sangat vital dalam pembangunan nasional. Kepala Staf Kantor Presiden Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. M. Basoeki Hadimoeldijono, M.Sc., Ph.D., Menteri ATR/BPN Dr. Sofyan A Djalil, SH, MA, MALD, dan Kepala Badan Informasi Geospasial Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc.Eng yang akan menjadi pembicara kunci pada acara ini dalam tahap konfimasi. Kegiatan ini terbuka untuk umum, sekitar 500 orang ditargetkan akan menjadi peserta dalam kegiatan akbar ini. Seminar ini juga tentu akan dihadiri oleh pejabat dari berbagai instansi pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan informasi geospasial, para akademisi dari berbagai universitas, praktisi dari berbagai bidang survey pemetaan, mahasiswa dan siswa dari SMK Survey Pemetaan di daerah Sumatera Barat.

Melalui acara call for paper, ISI juga mengundang para akademisi, praktisi, dan mahasiswa yang memiliki perhatian di bidang informasi geospasial, geodesi/geomatika, survey pemetaan, dan atau bidang terkait untuk mengirimkan karya tulis ilmiahnya. Makalah yang memenuhi standar yang sudah ditentukan akan mendapatkan kesempatan presentasi bagi penulisnya dan berhak untuk diterbitkan dalam bentuk prosiding.

Pada Hari Ketiga, Tour de West Sumatera acara ini reuni nasional dengan mengajak seluruh surveyor di Indonesia dari berbagai angkatan, almamater, dan berbagai instansi pemerintah dan swasta untuk ikut bergabung berkeliling wilayah Sumatera Barat mengunjungi tempat-tempat wisata menarik dan historis. Para peserta juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah dilengkapi dengan jamuan masakan khas Minang.

  • Ditulis oleh : Andi Putra Parlindungan
  • Disunting oleh : Arinda Syakura Afiata

Related Articles

Check Also

Close