Powered by ZigaForm version 4.5.9.1
ArtikelBerita

PSBB Masa Transisi, Ikatan Surveyor Indonesia Gunakan Layanan Surat Digital

Jakarta, ISI–Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) meluncurkan layanan surat digital. Layanan ini berguna untuk memudahkan aktivitas persuratan, dan penandatanganan dokumen bagi para surveyor, anggota ISI, selama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Berbasis digital, penandatanganan dokumen, surat perjanjian kerja tidak lagi dilakukan secara tatap muka sehingga tetap dapat menerapkan jaga jarak (physical distancing). Peluncuran berlangsung saat hari jadi ISI yang ke-48 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ketua ISI, Virgo Eresta Jaya, menjelaskan surat layanan elektronik merupakan bentuk pemanfaatan teknologi menjadi solusi jitu untuk efisiensi kinerja asosiasi untuk melayani kebutuhan bagi para surveyor di masa transisi. “Kita sudah miliki surat layanan elektronik untuk efisiensi waktu penandatanganan surat, dan dokumen. Fitur ini membantu untuk memenuhi kebutuhan para anggota asosiasi, dengan tetap berpedoman pada jaga jarak antar fisik,” jelas Ketua Virgo, di Jakarta, Kamis (17/6/2020).

Menurut Virgo, layanan surat berbasis digital ini pun dapat menghemat waktu penyelesaian dokumen bagi para anggota ISI. “Kita tidak perlu lagi khawatir, menunggu dokumen untuk dikirim dan ditandatangani, hanya memakan waktu hitungan detik untuk penyelesaian dokumen,” jelasnya.

Surat layanan elektronik ISI memanfaatkan aplikasi PrivyID. Pemilihan aplikasi ini berdasarkan pertimbangan keamanan dan jaminan kerahasiaan dokumen bagi para surveyor. “Kita memakai aplikasi PrivyID karena adanya sistem pengamanan atas akses akun pengguna layanan,” ujarnya. Sistem ini menjamin kerahasiaan dari dokumen yang telah diakses, dan ditandatangani. Melansir dari laman PrivyID, sistem pengamanan berlangsung dengan adanya pengujian keautentikan identitas dan memeriksa otorisasi Pengguna PrivyID. Kemudian, terdapat kode sandi yang melindungi akses ke setiap akun PrivyID. Saat proses penandatanganan dokumen elektronik, para pengguna baru dapat menggunakan kunci privat setelah dapat memasukkan One Time Password yang dikirimkan hanya melalui pesan singkat (short message service) ke nomor telepon selular yang terdaftar dari pengguna.
Jakarta, 20 Juni 2020
Ikatan Surveyor Indonesia

Laman: https://www.isi.or.id/
Twitter: https://twitter.com/ikatansurveyor
Instagram: ikatan.surveyor.indonesia
Facebook: https://id-id.facebook.com/Ikatansurveyorindonesia/

Related Articles

Check Also

Close