Sinergi dan kerjasama antara Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Ikatan Surveyor Indonesia (ISI)

IMG-20170118-WA0026

(18/01/2017) Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) menggelar rapat audiensi dengan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) yang baru Prof. Dr. Hasanuddin Z Abidin di Kantor Badan Informasi Geospasial, rapat tersebut dimaksudkan sebagai perkenalan antara organisasi ISI dengan Kepala BIG yang baru juga sebagai ajang silaturahmi.

Rapat tersebut dihadiri diantaranya adalah, Ketua Umum ISI beserta para pengurus inti, Ketua BIG, Sestama, Deputi Bid. Int. Geospasial Dasar, Deputi Bid. Geospasial Tematik, Deputi. Bid. Infrastruktur Int Geospasial dan beberapa Kepala Pusat.

IMG-20170118-WA0023

Rapat yang berlangsung selama 4 (empat) jam tersebut diisi dengan pengenalan organisasi ISI dan menjelaskan beberapa masukan terkait sertifikasi profesi surveyor yang langsung disampaikan oleh Ketua Umum ISI, Ir. Virgo Eresta Jaya, M.Eng.Sc juga membahas berbagai macam issue terkini yang berkaitan dengan bidang geospasial.

Prof.Dr. Hasanuddin Z Abidin menambahkan “perlunya penguatan profesi surveyor yang diperkuat dengan penerbitan UU Surveyor, diperlukan pertemuan lanjutan antara BIG dengan ISI untuk membahas detail pemantapan profesi IG dan perumusan substasnsi UU Surveyor”

Adapun beberapa point hasil rapat audiensi dengan Kepala BIG diantaranya :

  1. Sinkronisasi sertifikasi surveyor terhadap KKNI informasi geospasial kepada asosiasi,
  2. Usulan pembentukan UU surveyor melalui BIG,
  3. BIG mendukung sertifikasi untuk calon surveyor baru yang telah dilakukan ISI,
  4. Usulan ISI dalam produk tata ruang, dalam penyiapan SDA yang bersertifikat dan produk peta, mengurangi beban BIG dalam asistensi daerah.
  5. BIG telah mencanangkan One Certificate Policy untuk penguatan Profesi IG dan mendorong percepatan penerbitan UU Surveyor.

dengan perkenalan ini diharapkan kerjasama dan sinergi yang lebih baik antara BIG dan ISI.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2017 Ikatan Surveyor Indonesia

Log in Anggota ISI

atau    

Lupa Password?