Berita

ISI Goes to FIG Working Week 2019 in Vietnam

22 - 27 April 2019

Pada tanggal 22 – 26 April 2019, FIG mengadakan working week di kota Hanoi, Vietnam yang dihadiri para peserta  dan delegasi dari berbagai negara di dunia. ISI selaku delegasi dan satu-satunya anggota FIG dari Indonesia berkesempatan hadir di acara tersebut.

IMG_2544Pada acara Welcome Reception yang diselenggarakan di hotel Daewoo Hanoi, para peserta diperkenalkan dengan kebudayaan dan musik Vietnam, acara ini pun semakin meriah karena digunakan untuk reuni oleh peserta, baik sesama alumni universitas maupun pekerjaan yang sama.

Acara dibuka oleh Prof. Rudolf Staiger selaku ketua FIG, beliau memaparkan betapa pentingnya untuk mengikuti perkembangan dunia, jika kita lihat 30 tahun terakhir dunia telah berubah secara signifikan di beberapa aspek. Teknologi, politik, dan ditambah perubahan kondisi sosial masyarakat, yang tentunya merubah cara kerja profesi kita. Beliau mengatakan, “How do we have to prepare FIG for a good and prosperous future?”.

Pada hari berikutnya setelah acara Technical Program, peserta acara diajak untuk menikmati Vietnamese Cultural Performance di Opera House. Peserta dimanja oleh berbagai alat musik Vietnam yang dimainkan secara apik. Sekilas alat musik yang dimainkan serupa dengan beberapa alat musik dari Indonesia seperti Kecapi, Sasando, dan Gendang.

IMG_2551Pada Technical Program kali ini Dr. Bambang Edhi Leksono, selaku Dosen Teknik Geodesi ITB, memaparkan penelitian nya bersama Sudarman, Ratri Widyastuti, Winna Putri, dan Putri Rahmadani yang berjudul Fit for Purpose Land Administration implementation to Accelerate Land Mapping in Sayang Village, Sumedang Regency, Indonesia. Delegasi dari Badan Informasi Geospasial pun berkesempatan untuk menyampaikan Laporan tentang status perkembangan pembangunan infrastruktur geodetik di Indonesia, presentasi berjudul The Improvement Status of the Indonesian Geodetic Reference Frames.

Acara FIG ditutup oleh Farewell Reception yang di organisir oleh delegasi dari Belanda, selaku tuan rumah FIG working week berikutnya tahun 2020. Pada acara ini peserta konferensi dimanjakan dengan makanan khas Belanda sambil bercengkerama dengan sesama delegasi dari negara lain. Rasa kekeluargaan sangat terasa di saat-saat terakhir acara, setiap peserta mempunyai passion yang sama, geospasial untuk hidup yang lebih baik.

Related Articles